Sabtu, 02 Februari 2013

Festival di Korea

 
Memasuki musim dingin di Korea Selatan yang berlangsung dari bulan Desember – Februari merupakan saat-saat yang menyenangkan. Saat musim dingin ini adalah saat liburan panjang, natal, dan tahun baru. Musim dingin juga merupakan waktu yang terbaik bagi chingudeul yang ingin berwisata ke Korea Selata khususnya untuk menikmati obyek wisata yang romantis, bermain salju, bermain ski, atau juga menikmati diskon besar-besaran. Salah satu yang menjadi magnet mengapa musim dingin merupakan waktu yang terbaik mengunjungi Korea Selatan adalah karena banyaknya festival festival seru yang tidak boleh dilewatkan. Bagi yang penasaran dengan festival apa saja yang ada hadir pada musim dingin di Korea Selatan, simak dibawah ini ya:
 
-          Bulan Desember
  1. Seoul Design Festival
Photo
 
Waktu: 12 – 16 Desember 2012
Lokasi: Hall C, COEX (Samseong-dong, Seoul-si)
 
Sejak diadakan pada tahun 2002, festival ini telah dihadiri oleh berbagai designer serta seniman kelas atas baik dari Korea Selatan sendiri atau dari luar negeri. Pada tahun ini, festival ini akan mengadakan pegelaran dengan tema “The Human and Designer at the Center of Design”. Disini chingudeul bisa lihat karya-karya terbaik dari para designer dan seniman.
2.  Yeongdong Dried Persimmon Festival
 
Photo
 
Waktu: 21 – 23 Desember 2012
Lokasi: Nangye Hall of Korean Classical Music & Youth Training Center (Yeongdong-eup, Yeongdong-gun, Chungcheongbuk-do)
 
Yeongdong ini sering disebut 'Tanah Sucinya Buah-Buahan' karena merupakan produsen buah terbesar di negara ini. Kesemek kering tumbuh di daerah ini dan terkenal dengan rasanya yang sangat manis dan berkualitas tinggi. Selama festival, ada berbagai macam  pameran produk dan beberapa hands-on program seperti "memetik kesemek", "membuat cuka kesemek", "membuat kue kesemek dan selai", "menyuci kaki dengan kulit kesemek " dan "kontes mengupas kesemek".
3.  Boseong Green Tea Fields Festival of Lights
 
Photo
 
Waktu: 14 Desember 2012 – 27 Januari 2013
Lokasi: Boseong Green Tea Fields, Hoecheon-myeon, Boseong-gun, Jeollanam-do
 
Pada musim dingin, pengunjung di Kebun Teh Hijau Boseong akan tumbuh sepuluh kali lipat hal ini dikarenakan adanya lampu-lampu Natal yang dipasang dan melemparkan cahaya ceria diatas kebun yang luas ini. Lampu Natal dan pohon Natal besar serta sejumlah pameran bertema (the Love Galaxy Light Tunnel, Green Tea Themed Street, etc.) membawa "dekorasi Natal" yang megah.
 
-          Festival di Tahun Baru
  1. Ulsan Ganjeolgot Sunrise Festival
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Ganjeolgot Lighthouse, Daesong-ri, Seosaeng-myeon, Ulju-gun, Ulsan-si
 
Ganjeolgot dikenal sebagai lokasi pantai di mana orang-orang dapat menyaksikan matahari terbit pertama diseluruh wilayah Korea. Orang-orang di seluruh Korea berkumpul disini untuk merayakan dan menonton matahari terbit pertama di Tahun Baru. Perayaan Tahun Baru juga mencakup berbagai macam acara seperti kembang api, makan tteokguk (kue beras Korea sup tradisional dimakan selama Tahun Baru), dan berbagai pertunjukan.
2.  Maryangpo Sunset & Sunrise Festival
 
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Maryangpo Port, Maryang-ri, Seo-myeon, Seocheon-gun, Chungcheongnam-do
 
Bagi chingudeul yang ingin merayakan Tahun Baru di pantai, chingudeul bisa mengunjungi Maryangpo yang menawarkan pemandangan menakjubkan matahari terbenam dan matahari terbit. Pada Tahun Baru, pantai ini sangat ramai dan ada bermacam perayaan dan atraksi seperti konser musik, pasar kaget dan api unggun.
3.  Homigot Sunrise Festival
 
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Homigot Sunrise Plaza, Nam-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do
 
Homigot Beach, di mana terdapat lokasi bernama Plaza Sunrise adalah salah satu tempat paling populer untuk menyanksikan matahari terbit di tahun baru karena pemandangan matahari terbit sangat indah berwarna kuning dan emas. Orang dapat melihat berbagai pertunjukan dan kembang api di langit ketika memasuki Tahun Baru. Selain itu, orang juga dapat menikmati permainan rakyat Korea dan merasakan makanan lokal seperti Guamegi (ikan herring atau makarel) atau Makgeolli di pasar makanan.
4.  Seongsan Sunrise Festival
 
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Ilchulbong Peak area, Seogwipo-si, Jeju-si
 
Satu lagi lokasi pantai yang sangat pas untuk dijadikan lokasi perayaan Tahun Baru di Korea Selatan adalah di Seongsan Ilchulbong Peak (juga dikenal sebagai "Sunrise Peak"). Disini chingudeul bisa menikmati perayaan meriah di pelabuhan dan juga melihat matahari terbit. Para nelayan dari setiap pelabuhan  akan menyalakan lampu perahu mereka dan meniup peluit mereka bersama-sama untuk menandai masuknya tahun yang baru. Pemandangan disini juga merupakan salah satu pemandangan yang spektakuler.
5.  Jeongdongjin Sunrise Festival
 
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Hourglass Park District, Jeongdongjin Beach, Gangneung, Gangwon-do
 
Turun dari kereta api di Jeongdongjin dan berjalan hanya beberapa meter ke pantai yang luas dengan butiran pasir indah. Dipantai ini terdapat jam pasir yang sangat besar, yang membutuhkan waktu 1 tahun agar butiran pasir diatasnya turun kebawah. Pada pukul 00.00 dimalam tahun baru, butiran pasir akan turun kebawah semuanya dan itu menandakan awal tahun baru.
6.  Gyeongpo Sunrise Festival
 
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Gyeongpo Beach, Jeo-dong, Gangneung, Gangwon-do
 
Pantai Gyeongpo terkenal karena keindahannya, pada Hari Tahun Baru, orang berkumpul untuk perayaan besar menghitung mundur detik-detik Tahun Baru, menyaksikan kembang api dan berpartisipasi dalam berbagai program dan acara-acara kebudayaan.
7.  Yeosu Hyangiram Sunrise Festival
 
Photo
 
Waktu: 31 Desember 2012 – 1 Januari 2013
Lokasi: Impo Village (Hyangiram) area, Dolsan-eup, Yeosu-si, Jeollanam-do
 
Hyangiram Sunrise Festival merupakan festival tahunan yang dihadiri oleh orang-orang yang ingin menikmati adegan matahari terbit. Dimulai dengan lantunan (musik tradisional Korea) Gukak, terdapat berbagai acara seperti "kontes menyanyi matahari terbit", "menyelakan lilin", "festival tari", " festival film keluarga", dll.
 
-          Festival Januari dan Februari
  1. Pyeongchang Trout Festival
Photo
 
Waktu: 22 Desember 2012 – 3 Februari 2013
Lokasi: Odaecheon Stream area, Jinbu-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do
 
Masuk kedalam sungai atau danau dan menangkap satu atau dua ikan (atau mungkin lebih) dengan kedua tangan. Festival ini adalah salah satu festival yang menarik untuk dikunjungi di musim dingin  Selain memancing es, festival ini juga memiliki kegiatan seperti permainan rakyat, naik eretan, menerbangkan layang-layang, dan banyak lagi!
2.  Hwacheon Sancheoneo (Mount Trout) Ice Festival
 
Photo
 
Waktu: 5 – 27 Januari 2013
Lokasi: Disekitar Sungai Hwacheoncheon dan di 5 desa Hwacheon, Gangwon-do
 
Sungai Hwacheon dan daerah sekitarnya merupakan habitat alami dari ikan trout gunung dan berang-berang. Festival Es Sancheoneo diadakan setiap tahun di musim dingin. Salah satu program yang paling populer di Mountain Trout Ice Festival adalah memancing diatas es, dimana chingudeul harus memotong lubang sedalam 40cm diatas danau yang membeku dan mencoba keberuntungan menangkap ikan trout gunung. Jika chingudeul kuat akan suhu yang dingin, chingudeul bisa mencoba menangkap ikan dgn tangan kosong! Setelah memancing, enaknya memasak ikan hasil pancingan dengan dibakar. Selain memancing ikan, disini juga ada acara lain seperti membuat bangunan dari es, bermain ski, dll.
3.  Taebaeksan Mountain Snow Festival
 
Photo
 
Waktu: 25 Januari – 3 Februari 2013
Lokasi: Wilayah Taebaek (Taebaeksan Provincial Park, O2 Ski & Resort, Hwangji Pond, dll), Gangwon
 
Taebaeksan Snow Festival menawarkan chingudeul untuk menikmati berbagai acara dan kegiatan yang pasti sangat menghibur. Selain sejumlah pertunjukan dan patung dari salju yang indah, chingudeul dapat berpartisipasi dalam Festival Snowman dan naik kereta salju dengan pemandangan Gunung Taebaeksan yang tertutup salju.
4.  Inje Icefish Festival
 
Photo
 
Waktu: 19 – 27 Januari 2013
Lokasi: Kawasan Jembatan Injedaegyo, Nam-myeon, Inje-gun, Gangwon
 
Inje Icefish Festival ini berlokasi di Danau Soyangho. Disini chingudeul dapat melakukan bermacam-macam aktifitas memancing ikan, memasak ikan, bermain sepak bola es, bermain bowling es, balapan diatas es, dan menaiki seluncur es.
5.  Jaraseom Sing Sing Winter Festival
 
Photo
 
Waktu: 4 – 27 Januari 2013
Lokasi: Kawasan Sungan Gapyeongcheon, Gapyeong-gun, Gyeonggi
 
Jaraseom Sing Sing Festival Musim Dingin dikenal menjadi festival terbaik untuk memancing ikan di es. Disini chingudeul bisa memancing ikan trout (yang dapat dimakan langsung, mentah atau panggang), naik seluncur salju, dan naik kereta luncur untuk 50 orang di atas es. Kegiatan lainnya seperti bermain ice skating, dan menunggang bumper mobil di salju. Sangat mudah untuk mencapai Gapyeong hanya dengan mengambil kereta KTX Cheongchun dari Stasiun Yongsan. Tempat ini juga berdekatan dengan obyek wisata seperti Nami Island, The Garden of Morning Calm, dan Petite France.
6.  Jeju Field-Burning Festival
 
Photo
 
Waktu: 8 – 10 Maret 2012
Lokasi: Saebyeol Oreum area, Bongseong-ri, Aewol-eup, Jeju
 
Jeju Field-Burning Festival diselenggarakan dalam rangka untuk berdoa pada tahun yang baru masyarakat sehat dan sejahtera. Dulu, petani Jeju akan membakar ladang mereka untuk membunuh hama berbahaya dan menanam rumput baru untuk ternak mereka. Tradisi ini dihidupkan kembali dengan diadakan di seluruh sisi pegunungan ("Oreum”). Disini chingudeul juga dapat mengetahui gaya hidup tradisional dan praktek petani Korea, termasuk upacara pernikahan tradisional di festival.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar